PHILADELPHIA – Dampak dari Luis Suarez di tim nasional Uruguay tampak begitu besar. Rupanya, ketika striker kontroversial itu tidak terlihat di Copa America Centenario (CAC) pada tahun 2016, tim La Celeste tampak sulit untuk mencuri gol.

Hal itu terlihat dalam laga kedua Grup C melawan Venezuela di Lincoln Financial Field, Jumat (2016/10/06) pagi waktu setempat. Dalam kedua tim berjuang Oscar Tabarez sedikit cat untuk membuat perubahan dengan memasukkan nama Cristhian Stuani, Gaston Ramirez, Alvaro Gonzalez dan Gaston Silva.

Tapi perubahan itu tidak mampu menghindari kekalahan Uruguay. Ya, kiper dijaga Fernando Muslera dari Uruguay pada 36 menit, Jose Salomon Rondon berhasil mematahkan. Satu-satunya gol yang cukup bagi Venezuela ke perempatfinal CAC pada tahun 2016, setelah mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan.

Uruguay nasib sendiri tergantung hasil pertandingan Meksiko melawan Jamaika. Hasil imbang sudah cukup bagi Meksiko untuk menemani Vanezuela ke perempat final.

Mungkinkah ini menjadi dibandingkan hasil yang sangat menyakitkan bagi Uruguay karena serangkaian pemain top yang dibawa Tabarez tampak tak berdaya melawan lawan di babak penyisihan Grup C.

ke Amerika